Dosen Jurusan Teknik Fisika FT-UGM Memperoleh Habibie Award 2014

Sekali lagi dosen Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada menunjukkan prestasinya dengan memenangkan Habibie Award 2014 di bidang Ilmu Rekayasa. Dr. Ahmad Agus Setiawan, ST. MSc. memperoleh penghargaan yang telah diberikan sejak tahun 2006 oleh Habibe Center yang didirikan mantan Presiden Republik Indonesia ke-3, Prof. Dr. B.J. Habibie. Penghargaan yang diberikan meliputi lima bidang Iptek, yaitu Ilmu Pengetahuan Dasar, Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi, Imu Rekayasa, Imu Ekonomi, Sosial, Politik, dan Hukum, serta Imu Filsafat, Agama, dan Kebudayaan. Secara lengkap peraih penghargaan Habibie Award 2014 ini adalah Dr.Eng. Ferry Iskandar (Bidang Ilmu Dasar), Dr. Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc. (Bidang Ilmu Rekayasa), Prof. Dr. Drs. Salim Said, MA, MAIA (Bidang Ilmu Sosial dan Politik), dan Nobertus Riantiarno (Bidang Ilmu Kebudayaan).

Penganugerahan Habibie Award tahun 2014 ini akan dilaksanakan pada 13 November 2014 di Perpustakaan Habibie & Ainun, Jakarta. Setiap pemenang akan menyampaikan orasi ilmiah, di mana Dr. Ahmad Agus Setiawan di bidang Ilmu Rekayasa akan menyampaikan orasi berjudul 'Mendorong Penggunaan Teknologi Energi Terbarukan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia'. Selamat dan semoga menginspirasi seluruh mahasiswa Jurusan Teknik Fisika FT-UGM untuk selalu berprestasi.

Kunjungan Partner for Nuclear Security Officer dan ORNL Staff

Kunjungan Staf PNS ORNL 1Hari ini, officer Partnership for Nuclear Security (PNS) yang baru (Daniel  Miller) bersama dengan 2 staff Oak Ridge National Laboratory (Jeremy Townsend dan Dr. Jerry Eisele) mengunjungi Jurusan Teknik Fisika FT UGM. Kunjungan tersebut dalam rangka memenuhi undangan dari jurusan untuk memberikan materi dalam acara Kuliah Tamu yang diselenggarakan oleh INMM Student Chapter UGM di Gedung KPTU FT-UGM. 

Dalam acara yang dihadiri 200an orang mahasiswa yang berasal dari Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Kedokteran, FMIPA, FISIPOL dan Sekolah Vokasi tersebut, Daniel Miller memperkenalkan tentang PNS dan aktivitasnya. Jeremy Townsend memaparkan topik "The Role of Technology in Nuclear Security Culture", sedangkan Dr. Jerry Eisele memperkenalkan Human Reability Program dari ORNL kepada para peserta. Acara dibuka dengan ucapan selamat datang dari Presiden INMM Student Chapter UGM, Samsiatun Mudzkiyah dan diakhiri dengan pengenalan 10 anggota baru. Mahasiswa terlihat sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Diskusi bahkan dilanjutkan setelah selesainya acara.

Seusai memberikan materi, Daniel Miller dkk mengunjungi jurusan untuk beramah tamah dan berdiskusi dengan pengurus jurusan dan dosen-dosen.Diskusi mengenai kegiatan-kegiatan kerjasama yang mungkin dilakukan pada masa yang akan datang dilakukan dalam suasana yang tidak resmi, namun menghasilkan beberapa kesepakatan penting yang akan ditindak lanjuti. 

Rombongan selanjutnya meninjau pelaksanaan Professional Development Course (PDC), kerjasama antara JTF dengan King's College London yang diikuti peserta dari Mesir, Maroko, Afrika Selatan, Nigeria, Bulgaria, Ukraina dan Indonesia.

Kunjungan Staf PNS ORNL 2   Kunjungan Staf PNS ORNL 3

 

Tim PKM Jurusan Teknik Fisika meraih Perak pada PIMNAS 2014

Pimnas-27 di Undip yang berlangsung pada 25-29 Agustus 2014 diikuti oleh 440 tim PKM dengan jumlah peserta sebanyak 2.500 mahasiswa dan 540 dosen pembimbing yang berasal dari 90 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Pada PIMNAS 2014 ini UGM tampil sebagai juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 27 dengan meraih 13 emas, terdiri atas tiga emas kategori poster dan 10 emas kategori presentasi. Selain emas, UGM juga meraih delapan perak (tiga medali dari poster dan lima dari presentasi) dan tujuh perunggu (dua dari poster dan lima presentasi), serta berhak menggondol piala bergilir Adikarta Kertawidya.

Pada tahun 2014 ini Jurusan Teknik Fisika berhasil meloloskan 3 tim untuk ikut berlaga di PIMNAS ke 27 yaitu

  • tim PKM-K dengan judul Promosi Makanan Khas Indonesia melalui Wirausaha Jasa Berbasis Website Indonesia-Food.com (ketua Randy Frans Fela TF 2010, pembimbing : Fadli Kasim, ST., MSc)
  • tim PKM-P dengan judul Optimasi Desain Kulit Sintetis dengan Filler Timbal sebagai Bahan Apron Proteksi Radiasi bagi Pekerja di Unit Radiologi (ketua Akhmad Aji Wijayanto TN 2010, pembimbing : Widya Rosita, ST., MT)
  • tim PKM-T dengan judul Aplikasi “Automatic Portable Water Foam Monitor” dalam Upaya Penanggulangan Bahaya Kebakaran yang Terjadi di Industri dan Perumahan dalam Masyarakat (ketua Siti Nurlaila Indriani TF 2010, pembimbing: Faridah, ST., MSc)

Alhamdulillah pada PIMNAS ini tim Jurusan Teknik Fisika berhasil menyumbangkan perak untuk kategori presentasi PKM-P. Selamat kepada semua tim mahasiswa, pembimbing dan Pembina yang telah bekerja keras mempersiapkan diri menuju laga PIMNAS 2014 sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal.... Bravo Teknik Fisika....Bravo UGM...

PKM1 PKM2

Wisuda Periode Agustus 2014

Pada periode wisuda bulan Agustus 2014, kembali Jurusan Teknik Fisika menghasilkan sebanyak 10 lulusan untuk Program Studi Teknik Nuklir dan 21 lulusan untuk Program Studi Teknik Fisika, sebagai berikut:

Teknik NuklirTeknik Fisika

Bemby Yulio Vallenry
Debi Kurniawan
Dwi Febriani
Dwi Sukma Pratiwi
Ilham Variansyah
Irhas
Mas Ipin
Muhammad Luqman Hakim
Rahayu Suryaningsih
Teguh Permana

Adiatie Suciningtyas
Agra Arie Munanda
Ahmad Nurdiansyah
Aji Nasirochman Pakha
Atika Nurul Hidayah
Efendi S Wirateruna
Fariz Hidayat
Hasan Rusydi
Ika Setyaningsih
Kuwati
Mochamad Syahdani Achdan
Mohamad Ismail
Muhammad Sholekan
Nurwachid Al Rochmadi
Nurwanto Yogi Sutari
Pitoyo Anggit Listyanto
Resol Sofi Iyah
Rifqi Ikhwanuddin
Rizka Yuliana
Ryan Aditya Nugraha
Yusuf Arifin

Read more: Wisuda Periode Agustus 2014

Workshop on Enhancement of Nuclear Engineering Curriculum with Nuclear Security Subjects

WorkshopNuclearSecurity1Dalam rangkaian Pekan Internasional Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, pada tanggal 6-8 Agustus 2014 diselenggarakan Workshop on Enhancement of Nuclear Engineering Curriculum with Nuclear Security Subjects bekerjasama dengan Partnership for Nuclear Security (PNS) USA. Workshop ini bertujuan untuk mengintegrasikan materi Nuclear Security ke dalam mata kuliah yang terdapat dalam kurikulum Program Studi Teknik Nuklir. Isu Nuclear Security mengemuka secara global dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini berkaitan dengan semakin banyaknya kasus berkaitan dengan keselamatan dan keamanan nuklir di berbagai institusi yang berkaitan dengan pemanfaatan Teknologi Nuklir di berbagai bidang. Nuclear security sendiri menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari trio Nuclear Safety, Security, and Safeguards (3S), di mana tujuan utama dari ketiga aspek tersebut adalah untuk melindungi pekerja nuklir, masyarakat dan lingkungan dari dampak negatif akibat kesalahan manusia (human error), tindakan jahat (malicious act) dan proliferasi.

Read more: Workshop on Enhancement of Nuclear Engineering Curriculum with Nuclear Security Subjects

Mahasiswa Teknik Nuklir FT-UGM Memenangkan Best Student Paper dalam 55th INMM Annual Meeting di USA

Tiga mahasiswa Prodi Teknik Nuklir, Jurusan Teknik Fisika FT-UGM Helmi Tanthawi (2010), Samsiatun Mudzkhiyah (2011) dan Sheila Amalia (2011) berkesempatan mewakili Indonesia dalam konferensi tingkat Internasional yang bertajuk 55th INMM (Institute of Nuclear Material Management) Annual Meeting di Atlanta, Georgia, USA. INMM annual meeting merupakan forum pertukaran informasi teknis terbaru yang berhubungan dengan semua aspek menejemen material nuklir.

Konferensi yang berlangsung dari tanggal 20-24 Juli 2014 juga diawali dengan kompetisi call for paper yang diikuti oleh mahasiswa berbagai tingkat dari seluruh dunia. Dari 4 paper mahasiswa dan 3 paper dosen yang dipresentasikan pada call for paper konferensi tersebut, UGM berhasil meraih Best Student Paper untuk kategori Education and Training atas nama Sheila Amalia dengan paper yang berjudul The Role of Teacher on Forming Perception on Nuclear Safety in Indonesia.

Read more: Mahasiswa Teknik Nuklir FT-UGM Memenangkan Best Student Paper dalam 55th INMM Annual Meeting di USA

Mahasiswa JTF-UGM Sukses Kembangkan Rompi Anti Radiasi yang Nyaman dan Murah

Yogyakarta - Sebagian rompi anti radiasi benar-benar tidak nyaman dipakai. Berat dan kurang fleksibel. Harganya pun mahal. Nah, 5 mahasiswa UGM mengembangkan rompi yang nyaman dan murah. Seperti apa?

Wujud barang yang dikembangkan 5 mahasiswa UGM ini disebut apron, semacam rompi anti radiasi. Ini merupakan salah satu alat pelindung yang wajib digunakan pekerja radiasi. Alat yang diciptakan ini mempunyai keunggulan dibandingkan alat di pasaran.

Apron tersebut menggunakan bahan kulit sintetis dengan filler timbal yang ringan dan fleksibel. Alat tersebut diharapkan mampu memproteksi tubuh dari paparan radiasi terutama para pekerja rumah sakit di bagian radiologi.

Read more: Mahasiswa JTF-UGM Sukses Kembangkan Rompi Anti Radiasi yang Nyaman dan Murah

Dosen Jurusan Teknik Fisika FT-UGM Ikut Andil sebagai Penulis Buku Putih Energi Nasional

Buku Putih Energi Nasional

Tiga dosen Jurusan Teknik Fisika FT-UGM, yaitu Dr. Ir. Andang Widi Haryo, MT., Rachmawan Budiarto, ST., MT., dan Widya Rosita, ST., MT.,  bersama-sama dengan dosen dari UGM yang lain menulis buku berjudul Buku Putih Energi Nasional yang diterbitkan oleh Pusat Studi Energi UGM.

Energi didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha, baik yang berasal dari sumber tidak terbarukan dalam bentuk energi fosil maupun yang berasal dari sumber terbarukan. Dari pengertian tersebut dapat ditarik benang merah bahwa kedaulatan energi ditinjau dari sisi tata kelola, penguasaan maupun akses masyarakat terhadap energi tersebut merupakan fundamental dari kedaulatan bangsa.

Read more: Dosen Jurusan Teknik Fisika FT-UGM Ikut Andil sebagai Penulis Buku Putih Energi Nasional

Universitas 
Gadjah Mada
lambang-ugm_warna_trsp
Fakultas Teknik
UGM

tugu_teknik_1995
e-Learning
UGM


elisa 
Perpustakaan
FT-UGM

i_library
e-Library
UGM

i_library 
e-Journal UGM
(intranet UGM)

lambang-ugm_warna_trsp
e-Journal UGM
(intranet UGM)

lambang-ugm_warna_trsp
Peraturan2
UGM
lambang-ugm_warna_trsp
Sistem Informasi
Aspirasi Publik (SIAP)

SIAP UGM
You are here: Home