Pengumuman

  • Berdasarkan SK Rektor UGM tertanggal 18 November 2013, nama program studi S1 Fisika Teknik berubah menjadi Program Studi  S1 Teknik Fisika (SK akreditasi BAN-PT)

Wisuda Periode Agustus 2014

Pada periode wisuda bulan Agustus 2014, kembali Jurusan Teknik Fisika menghasilkan sebanyak 10 lulusan untuk Program Studi Teknik Nuklir dan 21 lulusan untuk Program Studi Teknik Fisika, sebagai berikut:

Teknik NuklirTeknik Fisika

Bemby Yulio Vallenry
Debi Kurniawan
Dwi Febriani
Dwi Sukma Pratiwi
Ilham Variansyah
Irhas
Mas Ipin
Muhammad Luqman Hakim
Rahayu Suryaningsih
Teguh Permana

Adiatie Suciningtyas
Agra Arie Munanda
Ahmad Nurdiansyah
Aji Nasirochman Pakha
Atika Nurul Hidayah
Efendi S Wirateruna
Fariz Hidayat
Hasan Rusydi
Ika Setyaningsih
Kuwati
Mochamad Syahdani Achdan
Mohamad Ismail
Muhammad Sholekan
Nurwachid Al Rochmadi
Nurwanto Yogi Sutari
Pitoyo Anggit Listyanto
Resol Sofi Iyah
Rifqi Ikhwanuddin
Rizka Yuliana
Ryan Aditya Nugraha
Yusuf Arifin

WisudaAug2014a  WisudaAug2014b  WisudaAug2014c  WisudaAug2014d

Workshop on Enhancement of Nuclear Engineering Curriculum with Nuclear Security Subjects

WorkshopNuclearSecurity1Dalam rangkaian Pekan Internasional Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, pada tanggal 6-8 Agustus 2014 diselenggarakan Workshop on Enhancement of Nuclear Engineering Curriculum with Nuclear Security Subjects bekerjasama dengan Partnership for Nuclear Security (PNS) USA. Workshop ini bertujuan untuk mengintegrasikan materi Nuclear Security ke dalam mata kuliah yang terdapat dalam kurikulum Program Studi Teknik Nuklir. Isu Nuclear Security mengemuka secara global dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini berkaitan dengan semakin banyaknya kasus berkaitan dengan keselamatan dan keamanan nuklir di berbagai institusi yang berkaitan dengan pemanfaatan Teknologi Nuklir di berbagai bidang. Nuclear security sendiri menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari trio Nuclear Safety, Security, and Safeguards (3S), di mana tujuan utama dari ketiga aspek tersebut adalah untuk melindungi pekerja nuklir, masyarakat dan lingkungan dari dampak negatif akibat kesalahan manusia (human error), tindakan jahat (malicious act) dan proliferasi.

Sebagai pembicara dalam workshop ini adalah:

  • Dr. Howard Hall (University of Tennessee, USA): Introduction to Nuclear Security, Best practices of Nuclear Security Education in synergy with social science
  • Dr. Sunil Chirayath (Texas AM University, USA): Nuclear security threat, Interrelationship and Integration of Safety, Security and Safeguard, Nuclear Security Culture, Best practices of Nuclear Security in Nuclear Engineering Education
  • Dr. Marie Cletienne (King's College of London, UK): Nuclear Security Legal Framework, Nuclear Security planning of state level, Nuclear Security planning at facility level, Information Security
  • Dr. Sihana (Universitas Gadjah Mada): Introduction to workshop: Background and reasoning
  • Haryono Budi Santosa (Universitas Gadjah Mada): Short Report on Nuclear Security Educator Study Tour
  • Susetyo Hario Putero (Universitas Gadjah Mada): Best practices in course enhancement with Nuclear Security at UGM (first trial implementation)

WorkshopNuclearSecurity2   WorkshopNuclearSecurity3

Mahasiswa Teknik Nuklir FT-UGM Memenangkan Best Student Paper dalam 55th INMM Annual Meeting di USA

Tiga mahasiswa Prodi Teknik Nuklir, Jurusan Teknik Fisika FT-UGM Helmi Tanthawi (2010), Samsiatun Mudzkhiyah (2011) dan Sheila Amalia (2011) berkesempatan mewakili Indonesia dalam konferensi tingkat Internasional yang bertajuk 55th INMM (Institute of Nuclear Material Management) Annual Meeting di Atlanta, Georgia, USA. INMM annual meeting merupakan forum pertukaran informasi teknis terbaru yang berhubungan dengan semua aspek menejemen material nuklir.

Konferensi yang berlangsung dari tanggal 20-24 Juli 2014 juga diawali dengan kompetisi call for paper yang diikuti oleh mahasiswa berbagai tingkat dari seluruh dunia. Dari 4 paper mahasiswa dan 3 paper dosen yang dipresentasikan pada call for paper konferensi tersebut, UGM berhasil meraih Best Student Paper untuk kategori Education and Training atas nama Sheila Amalia dengan paper yang berjudul The Role of Teacher on Forming Perception on Nuclear Safety in Indonesia.

Read more: Mahasiswa Teknik Nuklir FT-UGM Memenangkan Best Student Paper dalam 55th INMM Annual Meeting di USA

Mahasiswa JTF-UGM Sukses Kembangkan Rompi Anti Radiasi yang Nyaman dan Murah

Yogyakarta - Sebagian rompi anti radiasi benar-benar tidak nyaman dipakai. Berat dan kurang fleksibel. Harganya pun mahal. Nah, 5 mahasiswa UGM mengembangkan rompi yang nyaman dan murah. Seperti apa?

Wujud barang yang dikembangkan 5 mahasiswa UGM ini disebut apron, semacam rompi anti radiasi. Ini merupakan salah satu alat pelindung yang wajib digunakan pekerja radiasi. Alat yang diciptakan ini mempunyai keunggulan dibandingkan alat di pasaran.

Apron tersebut menggunakan bahan kulit sintetis dengan filler timbal yang ringan dan fleksibel. Alat tersebut diharapkan mampu memproteksi tubuh dari paparan radiasi terutama para pekerja rumah sakit di bagian radiologi.

Read more: Mahasiswa JTF-UGM Sukses Kembangkan Rompi Anti Radiasi yang Nyaman dan Murah

Dosen Jurusan Teknik Fisika FT-UGM Ikut Andil sebagai Penulis Buku Putih Energi Nasional

Buku Putih Energi Nasional

Tiga dosen Jurusan Teknik Fisika FT-UGM, yaitu Dr. Ir. Andang Widi Haryo, MT., Rachmawan Budiarto, ST., MT., dan Widya Rosita, ST., MT.,  bersama-sama dengan dosen dari UGM yang lain menulis buku berjudul Buku Putih Energi Nasional yang diterbitkan oleh Pusat Studi Energi UGM.

Energi didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha, baik yang berasal dari sumber tidak terbarukan dalam bentuk energi fosil maupun yang berasal dari sumber terbarukan. Dari pengertian tersebut dapat ditarik benang merah bahwa kedaulatan energi ditinjau dari sisi tata kelola, penguasaan maupun akses masyarakat terhadap energi tersebut merupakan fundamental dari kedaulatan bangsa.

Read more: Dosen Jurusan Teknik Fisika FT-UGM Ikut Andil sebagai Penulis Buku Putih Energi Nasional

Menjalin Persahabatan Untuk Memperindah Dunia (KAMASE-SIF)

sif kamase

Yogyakarta - Rabu, 26 Februari 2014, Komunitas Mahasiswa Sentra Energi (KAMASE) Jurusan Teknik Fisika UGM menerima kunjungan dari Singapore International Foundation (SIF). Sebanyak 10 mahasiswa anggota KAMASE yang dipimpin oleh Arif Wibowo Mangatas M.(TF 2010) menerima 3 delegasi SIF, Mrs. Koh Beng Hong selaku Assistant Director International Volunteerism, Mrs. Joanne Lin sebagai Senior Country Manager (Indonesia), dan Mrs Butet Sitohang sebagai In Country Administrator. Kunjungan mereka bertujuan untuk melihat sistem pengangkatan air bertenaga surya yang pernah dibangun oleh KAMASE beserta Tim KKN pada tahun 2009 di kecamatan Panggang dan menjalin persahabatan dengan Kamase.

Read more: Menjalin Persahabatan Untuk Memperindah Dunia (KAMASE-SIF)

Wisuda Periode Mei 2014

Pada periode wisuda S1 bulan Mei 2014 ini sebanyak 23 mahasiswa Jurusan Teknik Fisika FT-UGM telah diwisuda, terdiri atas 4 wisudawan dari program studi Teknik Nuklir dan 19 wisudawan dari program studi Teknik Fisika. Selamat kepada para wisudawan. Keep in touch.

 Teknik Nuklir Teknik Fisika  
  • Angga Taruna Sanjaya
  • Aria Ratmandanu
  • Dwi Cahya Agung Saputra
  • Ilham Chafiz Afrizal
  • Akhmed Lazuardi
  • Anastasia Fytry Putry Chrystyanty
  • Anjar Triyoko
  • Azka Ayuningtyas
  • Bentar Cucu Samibuti
  • Eki Farlen
  • Fendy Satya Arista
  • Horna Yosi Widyanita Gultom
  • Irpan Saripudin
  • Mei Irawati
  • Nashril Abdillah
  • Pinto Anugrah
  • Sabila Rosyadi
  • Siti Fadlila Ekayati
  • Suhartono
  • Usludin Ghoni
  • Yakub Fahim Luckyarno (cumlaude)
  • Yoga Ismail Rambugasi
  • Zuniar Wakhid Budi Kusuma

{fcomment}

Siswa Berprestasi Outstanding Students of the World 2014 Berminat Masuk Jurusan Teknik Fisika FT-UGM

Sumber: http://news.detik.com/read/2014/05/14/180520/2582867/608/meitri-widya-dara-manis-pencipta-ide-gila-filter-dari-pelepah-pisang

Meitri Widya, Dara Manis Pencipta Ide 'Gila' Filter dari Pelepah Pisang

Jakarta - Pelepah pisang mungkin hanya sekedar jadi barang tidak berguna bagi sebagian besar orang. Tapi hal yang sama tidak terjadi di tangan Meitri Widya Pangestika. Dara 18 tahun kelahiran Kudus, 30 Mei 1996 ini 'menyulap' pelepah pisang jadi suatu inovasi yang punya fungsi tinggi.

Read more: Siswa Berprestasi Outstanding Students of the World 2014 Berminat Masuk Jurusan Teknik Fisika FT-UGM

Universitas 
Gadjah Mada
lambang-ugm_warna_trsp
Fakultas Teknik
UGM

tugu_teknik_1995
e-Learning
UGM


elisa 
Perpustakaan
FT-UGM

i_library
e-Library
UGM

i_library 
e-Journal UGM
(intranet UGM)

lambang-ugm_warna_trsp
e-Journal UGM
(intranet UGM)

lambang-ugm_warna_trsp
Peraturan2
UGM
lambang-ugm_warna_trsp
Sistem Informasi
Aspirasi Publik (SIAP)

SIAP UGM
You are here: Home