Pengumuman

  • Berdasarkan SK Rektor UGM tertanggal 18 November 2013, nama program studi S1 Fisika Teknik berubah menjadi Program Studi  S1 Teknik Fisika. Harap maklum.

Developing nuclear education in Indonesia

http://www.neimagazine.com/features/featuredeveloping-nuclear-education-in-indonesia-4207117/

The only nuclear engineering curriculum in Indonesia is taught at Universitas Gadjah Mada’s Department of Engineering Physics, which has a mission to develop science and technology competence to build the nation’s competitiveness, even though plans to build the nation’s first nuclear power plant have been delayed. By Susetyo Hario Putero, Widya Rosita, Sihana, Haryono Budi Santosa and Anung Muharini

Indonesia plans to build its first nuclear power plant (NPP) to solve the country's energy problems. It needs fully-skilled human resources in the field of nuclear technology. The Department of Engineering Physics at Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, is the only university department in Indonesia offering a nuclear engineering curriculum. Since its establishment in 1977, about 890 people have graduated; more than 200 are currently studying.

Read more: Developing nuclear education in Indonesia

Kunjungan Green Power dan ACMEPOINT Tech. Co., Ltd. Taiwan ke JTF FT UGM

Tgl 10 April 2014 Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, UGM menerima tamu guna melakukan diskusi penjajakan kerjasama internasional dalam bidang energi terbarukan dengan fokus photovoltaic system and hybrid system. Tamu yg datang adalah President of Green Power dan Project Manager of Solar dari Perusahaan ACMEPOINT Tech. Co., Ltd. Taiwan serta sejumlah alumni JTF FT UGM yg tergabung antara lain dalam PT EBI Jakarta. Sejumlah alumni ini saat ini bekerja di bidang energi. Pembicaraan ditekankan antara lain dalam hal peluang kerjasama R&D dan joint industrial development. JTF diwakili oleh Dr.  Ahmad Agus Setiawan dan Rachmawan Budiarto. Disepakati untuk secara bertahap melakukan serangkaian tindak lanjut.

 

Dosen JTF UGM memenangkan Hibah Pemanfaatan Hasil Penelitian dan Penerapan Teknologi Tepat Guna 2014

Dosen Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Mohammad Kholid Ridwan, ST. MEng. PhD. memenangkan Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Pemanfaatan Hasil Penelitian dan Penerapan Teknologi Tepat Guna tahun 2104, yang ditawarkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada. Judul yang diangkat dalam proposalnya adalah Pengembangan Refrigerator Tanpa Listrik untuk Industri Kecil Gerabah di Desa Srihardono Pundong Bantul.

Dosen JTF UGM memenangkan Hibah Pengabdian kepada Masyarakat DIKTI Tahun 2014

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi No. 0972/E5.1/PE/2014 tanggal 21 Maret 2014 tentang Penetapan Penerima Penugasan Penerima Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2014, tiga dosen Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada memenangkan hibah HI-LINK dan hibah KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat. Selamat.

  1. Dr.-Ing. Singgih Hawibowo, Pengembangan Sistem Otomasi Penyedia Daya Listrik dan Sistem Komunikasi Data pada Instalasi Rawat Inap PUSKESMAS di Kabupaten Gunung Kidul (Hibah HI-LINK)
  2. Dr. Ir. Agus Budhie Wijatna, MSi., Penentuan Titik Angkat Air dan Penerapan Sistem Pengangkatan Air Dari Sungai Bawah Tanah Di Kawasan Karst Kabupaten Gunungkidul Untuk Daerah Rawan Ketersediaan Air (Hibah HI-LINK)
  3. Widya Rosita, ST., MT., Intensifikasi Community Development berbasis Integrated Farming dan Penerapan Teknologi Konversi Energi untuk Memantapkan Semangat dan Mental Masyarakat Desa Pangpajung, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan Madura menuju Kemakmuran dan Kemandirian (Hibah KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat)

Mahasiswa Teknik Fisika FT-UGM memenangkan Youth Culinary Enterpreneurship Challenge

Youth Culinary Enterpreneurship Challenge telah memasuki tahap akhir. Dari serangkaian seleksi yang sudah dilaksanakan sebelumnya, dua tim keluar sebagai pemenang. Setelah melewati proses penjurian yang ketat, telah dipilih dua grup yang berhak menjadi juara dalam kompetisi ini. Dua grup tersebut adalah Kafe Mendowan Mendowati dan Gosonk! Baked.

Kafe Mendowan Mendowati menawarkan produk kuliner asal Cilacap. Dengan 20 varian masakan mendoan, Kuwati dan Rizka Yuliana berusaha menyajikan menu jajanan khas Cilacap dengan cara yang lebih spesial. Awalnya, produk tersebut adalah tugas kuliah dari kedua mahasiswa Teknik Fisika UGM angkatan 2010 tersebut. Adanya kompetisi ini membuat mereka memutuskan untuk mengembangkan produk kreasi mereka menjadi sajian khas yang spesial.

Read more: Mahasiswa Teknik Fisika FT-UGM memenangkan Youth Culinary Enterpreneurship Challenge

Mahasiswa Jurusan Teknik Fisika UGM Memperoleh Dana PKM 2014

Sebanyak 19 tim mahasiswa Jurusan Teknik Fisika FT-UGM memperoleh pendanaan PKM dari Dikti untuk tahun 2014. Sementara itu terdapat pula 2 tim dari jurusan lain dibimbing oleh dosen dari JTF FT-UGM. Selamat atas prestasinya.

Judul PKM Koordinator Pembimbing
Sistem Pengukuran Potensi Energi Angin Berbasis Telemetri dan Data Logger Sebagai Solusi Pemetaan yang Komprehensif untuk  Pengembangan Energi Angin di Indonesia PKM Karya Cipta Didit Setyo Pamuji Rachmawan Budiarto S.T., M.T.

Read more: Mahasiswa Jurusan Teknik Fisika UGM Memperoleh Dana PKM 2014

Mahasiswa Teknik Fisika mengikuti YUVA Meet 2014 di New Delhi, India

Kegiatan tahunan YUVA Meet 2014 menjadi ajang awal peran aktif Regional Centres of Expertise Yogyakarta (RCE) Universitas Gadjah Mada di dunia internasional. RCE Yogyakarta yang diwakili mahasiswa Teknik Fisika Universitas Gadjah Mada (Dintani Yudhitya Noorzakiah Na”imah) menghadiri Youth Unite for Voluntary Action ( Yuva ) Meet di New Delhi , India . Acara ini diselenggarakan oleh The Energy and Resource Institute ( TERI ) India dan didukung oleh Departemen Olahraga dan Urusan Pemuda , Regional Centres of Expertise ( RCE ) dan British Council pada tanggal 2-3 Februari 2014 . YUVA Bertemu dihadiri oleh lebih dari 230 peserta muda tidak hanya dari India dan Indonesia , tetapi juga dari Kanada , Malaysia , Bangladesh , Nigeria , Korea Selatan , Kenya dan Swaziland.

Read more: Mahasiswa Teknik Fisika mengikuti YUVA Meet 2014 di New Delhi, India

Dosen JTF UGM menerima Penghargaan Insan Berprestasi UGM 2013

AhmadAgusPenghargaanUGMSalah satu dosen Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Dr. Ahmad Agus Setiawan, memperoleh penghargaan Insan Berprestasi UGM 2013 dari Rektor UGM. Pemberian penghargaan ini merupakan tradisi setiap Dies Natalis UGM, dan pada Dies ke 64 kali ini diberikan kepada 60 insan berprestasi UGM yang terdiri atas mahasiswa, 18 tenaga kependidikan, 11 peneliti, 4 alumni berprestasi dan 3 tenaga pendidik dan kependidikan berprestasi tingkat nasional. Selamat.

http://www.ugm.ac.id/id/berita/8539-60.insan.berprestasi.ugm.terima.penghargaan

Universitas 
Gadjah Mada
lambang-ugm_warna_trsp
Fakultas Teknik
UGM

tugu_teknik_1995
e-Learning
UGM


elisa 
Perpustakaan
FT-UGM

i_library
e-Library
UGM

i_library 
e-Journal UGM
(intranet UGM)

lambang-ugm_warna_trsp
e-Journal UGM
(intranet UGM)

lambang-ugm_warna_trsp
Peraturan2
UGM
lambang-ugm_warna_trsp
Sistem Informasi
Aspirasi Publik (SIAP)

SIAP UGM
You are here: Home