Pengumuman

  • Berdasarkan SK Rektor UGM tertanggal 18 November 2013, nama program studi S1 Fisika Teknik berubah menjadi Program Studi  S1 Teknik Fisika. Namun demikian pada SK akreditasi BAN-PT masih bernama prodi Fisika Teknik. Harap maklum.

Mahasiswa JTF-UGM Sukses Kembangkan Rompi Anti Radiasi yang Nyaman dan Murah

Yogyakarta - Sebagian rompi anti radiasi benar-benar tidak nyaman dipakai. Berat dan kurang fleksibel. Harganya pun mahal. Nah, 5 mahasiswa UGM mengembangkan rompi yang nyaman dan murah. Seperti apa?

Wujud barang yang dikembangkan 5 mahasiswa UGM ini disebut apron, semacam rompi anti radiasi. Ini merupakan salah satu alat pelindung yang wajib digunakan pekerja radiasi. Alat yang diciptakan ini mempunyai keunggulan dibandingkan alat di pasaran.

Apron tersebut menggunakan bahan kulit sintetis dengan filler timbal yang ringan dan fleksibel. Alat tersebut diharapkan mampu memproteksi tubuh dari paparan radiasi terutama para pekerja rumah sakit di bagian radiologi.

Kelima orang mahasiswa itu adalah empat mahasiswa Jurusan Teknik Nuklir, Akhmad Aji Wijayanto, Faiz Asyifaa Mohtar, Sita Gandes Pinasti, Firliyani Rahmatia dan satu mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran, Anggraeni Ayu R. 

Read more: Mahasiswa JTF-UGM Sukses Kembangkan Rompi Anti Radiasi yang Nyaman dan Murah

Dosen Jurusan Teknik Fisika FT-UGM Ikut Andil sebagai Penulis Buku Putih Energi Nasional

Buku Putih Energi Nasional

Tiga dosen Jurusan Teknik Fisika FT-UGM, yaitu Dr. Ir. Andang Widi Haryo, MT., Rachmawan Budiarto, ST., MT., dan Widya Rosita, ST., MT.,  bersama-sama dengan dosen dari UGM yang lain menulis buku berjudul Buku Putih Energi Nasional yang diterbitkan oleh Pusat Studi Energi UGM.

Energi didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha, baik yang berasal dari sumber tidak terbarukan dalam bentuk energi fosil maupun yang berasal dari sumber terbarukan. Dari pengertian tersebut dapat ditarik benang merah bahwa kedaulatan energi ditinjau dari sisi tata kelola, penguasaan maupun akses masyarakat terhadap energi tersebut merupakan fundamental dari kedaulatan bangsa.

Read more: Dosen Jurusan Teknik Fisika FT-UGM Ikut Andil sebagai Penulis Buku Putih Energi Nasional

Menjalin Persahabatan Untuk Memperindah Dunia (KAMASE-SIF)

sif kamase

Yogyakarta - Rabu, 26 Februari 2014, Komunitas Mahasiswa Sentra Energi (KAMASE) Jurusan Teknik Fisika UGM menerima kunjungan dari Singapore International Foundation (SIF). Sebanyak 10 mahasiswa anggota KAMASE yang dipimpin oleh Arif Wibowo Mangatas M.(TF 2010) menerima 3 delegasi SIF, Mrs. Koh Beng Hong selaku Assistant Director International Volunteerism, Mrs. Joanne Lin sebagai Senior Country Manager (Indonesia), dan Mrs Butet Sitohang sebagai In Country Administrator. Kunjungan mereka bertujuan untuk melihat sistem pengangkatan air bertenaga surya yang pernah dibangun oleh KAMASE beserta Tim KKN pada tahun 2009 di kecamatan Panggang dan menjalin persahabatan dengan Kamase.

Read more: Menjalin Persahabatan Untuk Memperindah Dunia (KAMASE-SIF)

Wisuda Periode Mei 2014

Pada periode wisuda S1 bulan Mei 2014 ini sebanyak 23 mahasiswa Jurusan Teknik Fisika FT-UGM telah diwisuda, terdiri atas 4 wisudawan dari program studi Teknik Nuklir dan 19 wisudawan dari program studi Teknik Fisika. Selamat kepada para wisudawan. Keep in touch.

 Teknik Nuklir Teknik Fisika  
  • Angga Taruna Sanjaya
  • Aria Ratmandanu
  • Dwi Cahya Agung Saputra
  • Ilham Chafiz Afrizal
  • Akhmed Lazuardi
  • Anastasia Fytry Putry Chrystyanty
  • Anjar Triyoko
  • Azka Ayuningtyas
  • Bentar Cucu Samibuti
  • Eki Farlen
  • Fendy Satya Arista
  • Horna Yosi Widyanita Gultom
  • Irpan Saripudin
  • Mei Irawati
  • Nashril Abdillah
  • Pinto Anugrah
  • Sabila Rosyadi
  • Siti Fadlila Ekayati
  • Suhartono
  • Usludin Ghoni
  • Yakub Fahim Luckyarno (cumlaude)
  • Yoga Ismail Rambugasi
  • Zuniar Wakhid Budi Kusuma

{fcomment}

Siswa Berprestasi Outstanding Students of the World 2014 Berminat Masuk Jurusan Teknik Fisika FT-UGM

Sumber: http://news.detik.com/read/2014/05/14/180520/2582867/608/meitri-widya-dara-manis-pencipta-ide-gila-filter-dari-pelepah-pisang

Meitri Widya, Dara Manis Pencipta Ide 'Gila' Filter dari Pelepah Pisang

Jakarta - Pelepah pisang mungkin hanya sekedar jadi barang tidak berguna bagi sebagian besar orang. Tapi hal yang sama tidak terjadi di tangan Meitri Widya Pangestika. Dara 18 tahun kelahiran Kudus, 30 Mei 1996 ini 'menyulap' pelepah pisang jadi suatu inovasi yang punya fungsi tinggi.

Read more: Siswa Berprestasi Outstanding Students of the World 2014 Berminat Masuk Jurusan Teknik Fisika FT-UGM

Shadow Stereoscopy: Wayang Kulit Tiga Dimensi

Tepat pada tanggal 2 Mei 2014, yaitu Hari Pendidikan Nasional di Indonesia, jurnal ilmiah Physics Education menerbitkan makalah berjudul "How to see shadows in 3D" yang merupakan hasil penelitian yang dilakukan di Jurusan Teknik Fisika Universitas Gadjah Mada. Makalah tersebut dipublikasikan pada halaman  http://m.iopscience.iop.org/0031-9120/49/3/314/article

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penelitian ini, anda dapat menghubungi Dr. Gea Parikesit atau mencermati informasi yang tersaji di halaman https://sites.google.com/site/geaari/wayangkulit3d

 

Yogyakarta, Mei 2014.

Developing nuclear education in Indonesia

http://www.neimagazine.com/features/featuredeveloping-nuclear-education-in-indonesia-4207117/

The only nuclear engineering curriculum in Indonesia is taught at Universitas Gadjah Mada’s Department of Engineering Physics, which has a mission to develop science and technology competence to build the nation’s competitiveness, even though plans to build the nation’s first nuclear power plant have been delayed. By Susetyo Hario Putero, Widya Rosita, Sihana, Haryono Budi Santosa and Anung Muharini

Indonesia plans to build its first nuclear power plant (NPP) to solve the country's energy problems. It needs fully-skilled human resources in the field of nuclear technology. The Department of Engineering Physics at Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, is the only university department in Indonesia offering a nuclear engineering curriculum. Since its establishment in 1977, about 890 people have graduated; more than 200 are currently studying.

Read more: Developing nuclear education in Indonesia

Kunjungan Green Power dan ACMEPOINT Tech. Co., Ltd. Taiwan ke JTF FT UGM

Tgl 10 April 2014 Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, UGM menerima tamu guna melakukan diskusi penjajakan kerjasama internasional dalam bidang energi terbarukan dengan fokus photovoltaic system and hybrid system. Tamu yg datang adalah President of Green Power dan Project Manager of Solar dari Perusahaan ACMEPOINT Tech. Co., Ltd. Taiwan serta sejumlah alumni JTF FT UGM yg tergabung antara lain dalam PT EBI Jakarta. Sejumlah alumni ini saat ini bekerja di bidang energi. Pembicaraan ditekankan antara lain dalam hal peluang kerjasama R&D dan joint industrial development. JTF diwakili oleh Dr.  Ahmad Agus Setiawan dan Rachmawan Budiarto. Disepakati untuk secara bertahap melakukan serangkaian tindak lanjut.

 

Universitas 
Gadjah Mada
lambang-ugm_warna_trsp
Fakultas Teknik
UGM

tugu_teknik_1995
e-Learning
UGM


elisa 
Perpustakaan
FT-UGM

i_library
e-Library
UGM

i_library 
e-Journal UGM
(intranet UGM)

lambang-ugm_warna_trsp
e-Journal UGM
(intranet UGM)

lambang-ugm_warna_trsp
Peraturan2
UGM
lambang-ugm_warna_trsp
Sistem Informasi
Aspirasi Publik (SIAP)

SIAP UGM
You are here: Home