• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Perpustakaan
  • e-Learning
  • OIA UGM
  • Kreativitas UGM
  • Pusat TI
  • Languages
Universitas Gadjah Mada Departemen Teknik Nuklir & Teknik Fisika
Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah
    • Visi dan Misi
    • Pengurus Departemen
    • Dosen Tetap
    • Tenaga Kependidikan
    • Dewan Penasehat
    • Akreditasi
  • Program Studi
    • Program Studi Sarjana Teknik Nuklir
    • Program Studi Sarjana Teknik Fisika
    • Program Studi Magister Teknik Fisika
  • Riset & PPM
    • Publikasi
      • Publikasi Tahun 2011-2025
      • Publikasi Sampai Tahun 2011
    • Kelompok Bidang Keahlian (KBK)
      • Energi Nuklir dan Energi Terbarukan
      • Instrumentasi
      • Multifisika
      • Proses Nuklir
    • Laboratorium
      • Laboratorium Energi Terbarukan
      • Laboratorium Komputasi Multifisika
      • Laboratorium Teknologi Energi Nuklir
      • Laboratorium Teknologi Proses dan Kimia Nuklir
      • Laboratorium Sensor dan Sistem Telekontrol
    • Pengabdian Masyarakat
  • Akademik
    • Panduan Akademik Prodi S1 Teknik Nuklir
    • Panduan Akademik Program Studi S1 Teknik Fisika
    • Kalender Akademik T.A. 2023/2024
    • Portal Akademik Mahasiswa & Dosen – Simaster
    • Unduhan
  • Kemahasiswaan
    • Panduan Perilaku Mahasiswa
    • Prestasi Mahasiswa
    • Beasiswa
    • Lomba/Seminar
    • Pertukaran Mahasiswa
    • Keluarga Mahasiswa TNTF
    • Prasarana
  • Umum
    • Profil Alumni
    • Layanan Alumni
    • Tracer Study
    • Karir
    • Pendaftaran
    • Kerja Sama
    • Lingkungan
    • Kontak
  • Beranda
  • Event
  • Workshop Presentation Skill for Career Planning

Workshop Presentation Skill for Career Planning

  • Event
  • 12 April 2012, 08.20
  • Oleh:
  • 0

Pelaksanaan Workshop “Presentation Skill for Career Planning” yang dilaksanakan di KPFT tanggal 30 dan 31 Maret 2012.

HARI KE1 (8.00-16.00 WIB)

Pemaparan1Materi berisi System Thinking, Problem Solving and Decision Making, Group Dynamic, Presentation Skill

Peserta : 60 orang terdiri dari fresh graduate dan mahasiswa semester 6-8

Pemateri :

  • Bp Agung Usadi
  • Bp Susetyo Hario Putero dan
  • Ibu Widya Rosita

Tujuan : peserta dapat membuat dan mengisi tabel analisis masalah dari kasus yang diberikan, membuat analisis penyelesaian masalah serta menentukan prioritas penyelesaian berdasarkan SMART dan dapat meyusun materi tayang yang baik.

Pelaksanaan : Kasus yang diberikan berasal dari beberapa Alumni, dimana kasus tersebut adalah kasus real yang terjadi di instansi tertentu. Peserta dibagi dalam grup-grup. Materi yang diberikan dalam bentuk ulasan singkat sehingga porsi waktu diberikan lebih banyak dalam bentuk diskusi grup.

Evaluasi pelaksanaan : peserta dapat mengikuti materi yang diberikan dengan baik dan antusias serta dapat mempraktekkannya dalam group. Diskusi group terlihat “hidup” namun karena batasan waktu per session, dirasakan waktu yang diberikan untuk diskusi kurang banyak.

Pemaparan2 Pemaparan3

HARI KE 2 (8.00-18.00 WIB)

SesiReviewCVMateri berisi Review CV dan Lamaran pekerjaan, Materi Psikologi, Simulasi wawancara pekerjaan, simulasi presentasi di depan Board of Director (BOD).

Peserta : 45 orang ( peserta memang dibatasi dibanding hari pertama, dan diprioritaskan untuk fresh graduate dan mahasiswa semester 7 dan 8)

Pemateri :

1. Sesi Review CV dan Lamaran Pekerjaan : Ibu Denni Windari
2. Sesi Psikologi : Psikolog dari Career Development Center UGM
3. Simulasi Wawancara Pekerjaan :

  • Ibu Denni Windari (98)
  • Bp. David Haliyanto (88)
  • Bp. Catiarso Nugroho (93)
  • Bp. Djohan Djanuji (85)
  • Bp. Yulius SHP (83)
  • Ibu Berti Isa (79)
  • Bp. Rio Winanda Tanjung (97)
  • Bp Kusnanto (82)
  • Bp Susetyo Hario Putero (85)

4. . Simulasi Presentasi di depan BOD:

  • Ibu Denni Windari
  • Bp. David Haliyanto
  • Bp. Catiarso Nugroho
  • Bp. Djohan Djanuji
  • Bp. Yulius SHP
  • Bp. Arief Sukmo
  • Bp. Rio Winanda Tanjung
  • Bp Susetyo Hario Putero

Tujuan : peserta dapat memahami cara membuat CV dan lamaran sesuai dengan bidang yang diminati, memperoleh gambaran ttg test psikologi, memperoleh gambaran ttg wawancara pekerjaan.

Pelaksanaan :

  1. Pada sesi review CV dan lamaran, diberikan ulasan singkat ttg beberapa CV dan lamaran (softcopy) yang telah dikirimkan kepada ibu Denni kemudian diskusi.
  2. Pada sesi psikologi: diberikan ulasan singkat apa yg perlu dipersiapkan untuk menghadapi test psikologi
  3. Sesi simulasi wawancara: situasi dibuat seperti situasi wawancara sesungguhnya, dimana peserta akan menghadapi 1 pewawancara dan masing-masing pewawancara mengisi score pada form penilaian (form berasal dari ibu Denni). Sebelum masuk ke ruang wawancara, peserta berada diluar dan akan dipanggil masuk sesuai urutannya dimana yang tahu urutannya hanya panitia, sehingga peserta tidak tahu akan diwawancara oleh siapa.
  4. Sesi presentasi : dipilih grup yang akan mewakili presentasi didepan BOD. grup tsb mempresentasikan materi yang sudah disiapkan sejak hari pertama (sesi “presentation skill)

SesiPsikologi SimulasiWawancara1 SimulasiWawancara2 PresentasiBOD1 PresentasiBOD2

Evaluasi pelaksanaan : peserta lebih serius mempersiapkan diri di hari ke dua ini serta antusias mengikuti semua sesi yang ada. Semua pemateri juga dapat membangun suasana simulasi sehingga peserta seakan-akan menghadapi wawancara sesungguhnya, ditandai dengan munculnya perasaan grogi, bingung, deg-degan pada peserta

Beberapa masukan adalah :

  1. CV dan lamaran yang sudah dibuat, masih banyak yang belum menampilkan nilai plus dari si pembuat.
  2. Kemampuan bahasa Inggris harus ditingkatkan
  3. Waktu yang diberikan untuk sesi wawancara dan presentasi masih kurang panjang
  4. Teknik Presentasi perlu ditingkatkan

Alhamdulillah, acara berlangsung sukses selama 2 hari tersebut, mendapat respon yang sangat positif dari peserta, pemateri dan Jurusan.

Pemateri Panitia_Pemateri

Adapun beberapa Sponsor pelaksanaan acara ini

  1. Bp Eko winanto
  2. Bp Eko Warsito
  3. Bp. Kandhi Dharma
  4. Bp Heru Sriwidodo
  5. Bp K Aji
  6. Bp Ivan Affandi
  7. Ibu Prita Liliana
  8. Ibu Imelda
  9. Bp Edy Rakhmatullah
  10. Bp Salim

Untuk itu, kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi alumni (KATF) dalam acara ini baik dalam bentuk sponsorship, pemateri maupun saran2 serta informasi yang sangat bermanfaat.

KATFUGM PLNTanjungJatiB StudiTapakPLTN

Tinggalkan Komentar Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru

  • Massive Open Online Course (MOOC) – Dinamika Rotasi
    21 Mei 2025
  • Menebar Bahagia di Bulan Suci: Harmoni Berbagi Mahasiswa KMTNTF bersama Anak Panti
    21 Mei 2025
  • Menjalin Kolaborasi di Bidang Teknologi Nuklir: Kunjungan Mahasiswa Sains Nuklear Universiti Kebangsaan Malaysia ke Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika FT UGM
    7 Mei 2025
  • Jadwal Kegiatan Administrasi Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode III TA 2024/2025
    10 April 2025
  • DTNTF UGM Dorong Ketahanan Ekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan Teknologi Penyulingan Minyak Atsiri
    10 April 2025

Kategori

📅 Agenda

Universitas Gadjah Mada

Departemen Teknik Nuklir & Teknik Fisika
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada

Jl. Grafika 2, Yogyakarta 55281, Indonesia
Phone/Fax: +62-274-580882
Email: dtntf.ft@ugm.ac.id

IND | ENG

Tautan Eksternal

  • Astechnova
  • Fakultas Teknik
  • Universitas Gadjah Mada
  • Ujian Masuk UGM
  • Sahabat UGM

External Link

  • Faculty of Engineering
  • Universitas Gadjah Mada
  • UGM Entrance Exam

Mahasiswa

  • KMTNTF
  • MBKM Kemdikbud
  • Beasiswa UGM
  • Kreativitas Mahasiswa UGM
  • UGM Career
  • Office of International Affairs UGM

Students

  • UGM Scholarship
  • UGM Student Creativity
  • UGM Career
  • UGM Office of International Affairs

Sumber daya

  • Perpustakaan FT UGM
  • Perpustakaan UGM
  • eLearning (eLOK) UGM
  • eJournals
  • Electronic Theses & Dissertations

Resources

  • Faculty of Engineering Library
  • UGM Library
  • UGM eLearning
  • eJournals
  • Electronic Theses & Dissertations

AKREDITASI

© DTNTF - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY