Program Studi Sarjana Teknik Nuklir

šŸ“ˆ Laman ini telah dibaca 6.490 kali

Member of :

Ā 

Tujuan Pendidikan

Program Studi Sarjana Teknik Nuklir diselenggarakan untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas dalam dasar keteknikan dan teknikĀ  nuklir. Bidang keahlian teknik nuklir meliputi:

  • Aplikasi teknologi nuklir dalam pembangkitan daya,
  • Aplikasi radiasi dan radioisotop di industri, dan
  • Aplikasi yang mendukung radiologi klinik (radiodiagnostik dan radioterapi).

Proses pembelajaran diarahkan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa sehingga mampu mengembangkan diri sesuai dengan profesi yang dipilih.

Tujuan Pendidikan Program Studi Sarjana Teknik Nuklir Ā atauĀ Program Educational Objectives (PEO) adalah menghasilkan lulusan yang setelah 5 tahun akan memenuhi kriteria:

  1. Mampu berkarya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat berbekal kompetensi ketekniknukliran dan fundamental keteknikan yang kuat dengan menerapkan kaidah keamanan, keselamatan, kesejahteraan dan keberlanjutan.
  2. Mampu berkomunikasi efektif dalam berkarya di lingkungan beragam dan lintas disiplin serta menerapkan tata nilai, etika dan standar profesi.
  3. Selalu mengembangkan kompetensi diri guna meningkatkan kemampuan inovasi, intelektual, kepemimpinan dan budi pekerti serta mampu beradaptasi pada berbagai macam tantangan.

 

Kompetensi Lulusan Teknik Nuklir

Kompetensi lulusan program S1 Program Studi Teknik Nuklir yang ingin dicapai sebagai target luaran pada saat lulus (Capaian Pembelajaran Lulusan/CPL) atau Student Outcomes (SO) meliputi:

  1. Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan persoalan ketekniknukliran dengan menerapkan pengetahuan matematika, sains, keteknikan dan ketekniknukliran serta mampu menggunakan piranti keteknikan modern.
  2. Kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen, serta menganalisis dan menafsirkan data untuk memperkuat penilaian teknik.
  3. Kemampuan merancang sistem, komponen, dan proses nuklir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mempertimbangkan aspek hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, budaya dalam kerangka keselamatan, keamanan, keberlanjutan dan dukungan terhadap komitmen nasional dan global dalam pemanfaatan teknologi nuklir untuk kepentingan damai serta dengan menggunakan piranti keteknikan modern yang sesuai.
  4. Kemampuan mandiri dan berperan proaktif dalam lingkungan beragam dan lintas disiplin.
  5. Pemahaman tata nilai, etika dan standar profesi.
  6. Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan mitra yang beragam menggunakan media yang sesuai.
  7. Kemampuan untuk mempelajari hal-hal yang terkini dalam rangka pengembangan kompetensi diri dan beradaptasi pada berbagai macam tantangan.

Hubungan antara tujuan program pendidikan atau Program Education Objectives (PEO) dan captain pembelajaran lulusan (CPL) atau Student Outcomes (SO) dapat dijelaskan dengan tabel berikut.

PEO Strategi Pencapaian CPL/SO
PEO-1:

Mampu berkarya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat berbekal kompetensi ketekniknukliran dan fundamental keteknikan yang kuat dengan menerapkan kaidah keamanan, keselamatan, kesejahteraan dan keberlanjutan

  • Menyediakan fondasi dalam bidang matematika, sains dan teknik dengan fokus pada kompentensi teknik nuklir.
  • Mengkomunikasikan tentang pentingnya penerapan kaidah keberlanjutan (ekonomi, sosial, daya dukung lingkungan dan sebagainya), keselamatan, keamanan, dan dukungan komitmen nasional.
(1), (2), (3)
PEO-2:

Mampu berkomunikasi efektif dalam berkarya di lingkungan beragam dan lintas disiplin serta menerapkan tata nilai, etika dan standar profesi.

 

Mengintegrasikan penerapan teknik komunikasi efektif, penugasan kerja mandiri, kerja dalam tim dan standar etika dalam proses pembelajaran

(4), (5), (6)
PEO-3:

Selalu mengembangkan kompetensi diri guna meningkatkan kemampuan inovasi, intelektual, kepemimpinan dan budi pekerti serta mampu beradaptasi pada berbagai macam tantangan.

 

Mengkomunikasikan pentingnya inovasi, intelektual, kepemimpinan dan budi pekerti (integrasi dalam proses pembelajaran).

(7)

 

 

Kesesuaian antara PEO dan SO dengan kualifikasi jenjang 6 (Sarjana) dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dapat dijelaskan dengan tabel berikut

Uraian Kualifikasi Jenjang 6 KKNI (*) PEO CPL/SO
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. (1), (3) (1), (2), (3), (7)
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural (1) (1), (2), (3)
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok (2) (4), (6)
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi (2), (3) (5), (7)

Keterangan:

(*) sesuai acuan Permen Ristek dan Dikti No 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi [4] dan PP No 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia [3].

Struktur Matakuliah

Jumlah satuan kredit semester (SKS) matakuliah yang harus ditempuh untuk menyelesaikan pendidikan pada Program Studi Sarjana Teknik Nuklir adalah 144 sesuai dengan persyaratan jumlah minimum yang ditetapkan dalam Permen Ristek & Dikti nomor 44 tahun 2015, dengan komposisi:

  1. matakuliah wajib sebanyak 120 SKS, dan
  2. matakuliah pilihan konsentrasi dan pilihan bebas sebanyak 24

Sebanyak 21 matakuliah dan 3 matapraktikum dengan keseluruhan 58 SKS (40,28%) dari keseluruhan 144 SKS merupakan matakuliah dengan isi dan bobot yang sama untuk kedua Program Studi Sarjana yang dikelola oleh Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, yaitu Program Studi S1 Teknik Fisika dan Program Studi S1 Teknik Nuklir. Matakuliah-matakuliah tersebut diberi kode khusus TNF dan dapat diikuti secara bersamaan oleh mahasiswa dari kedua program studi.

Kelompok matakuliah wajib: Agama (UNU X00X), Pancasila (UNU X01X), Kewarganegaraan (UNU X01X) merupakan matakuliah wajib yang diamanatkan oleh UU No 12 Tahun 2012. Muatan bahasa Indonesia seperti yang diamanatkan oleh UU tersebut diintegrasikan dalam matakuliah Metodologi Penelitian sebagai komponen dalam tata tulis ilmiah.

Kurikulum Program Studi S1 Teknik Nuklir untuk tahun pertama (Semester I dan Semester II) berisi sejumlah 16 SKS tentang pengetahuan matematika dan sejumlah 16 SKS tentang sains dasar disertai dengan pengalaman eksperimental. Topik-topik teknik meliputi pengetahuan sains teknik dan desain teknik diberikan pada tahun kedua dan ketiga dengan jumlah keseluruhan 33 SKS .

Kelompok matakuliah ketekniknukliran disusun diselaraskan dengan target luaran kemampuan lulusan yang berpeluang mengembangkan diri dalam karier di bidang teknologi pembangkitan daya nuklir, teknologi proses nuklir (termasuk di dalamnya aplikasi radiologi di industri), teknologi instrumentasi nuklir dan fisika medik.

Pengalaman eksperimental dalam bidang sains teknik dan ketekniknukliran diberikan dalam sejumlah 6 matapraktikum dan 1 matapraktikum Pemrograman Komputer. Pengetahuan umum yang merupakan penunjang profesi insinyur diberikan tersebar dalam beberapa semester. Beberapa matakuliah diharapkan mendukung peningkatan kemampuan komunikasi.

Pengalaman dalam desain sistem nuklir ditargetkan dapat dicapai dalam matakuliah Kerja Praktek / KP Klinis (TKN 213202), Tugas Akhir (TKN 214201) dan Ā Penulisan Skripsi (TKN 214202).

Topik-topik untuk pendalaman keahlian disajikan dalam kelompok matakuliah pilihan sesuai dengan arah pengembangan program studi yaitu kelompok matakuliah Teknologi Energi Nuklir (TEN) dan Fisika Medik (FM). Sejumlah 20 SKS kelompok matakuliah penguatan TEN, 20 SKS kelompok matakuliah penguatan FM, serta sejumlah 30 SKS matakuliah pilihan bebas, sehingga keseluruhan disediakan 70 SKS untuk memenuhi minimal 24 SKS yang harus dipenuhi untuk kelulusan sarjana.Ā  Sesuai dengan terminologi ā€œPilihan Bebasā€, maka mahasiswa diberikan kebebasan penuh untuk mengkombinasikan pilihan tersebut secara bebas (tidak harus penuh dalam suatu kelompok matakuliah pilihan tertentu). Mahasiswa yang berminat mengambil penguatan keahlian khusus TEN atau FM disarankan mengambil keseluruhan sejumlah matakuliah tersebut dan berhak memperoleh surat keterangan (SK) dari Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, yang menyatakan telah mengambil bidang keahlian tersebut.

Semester I

No Kode Mata Kuliah SKS
1 TKN 211101 Aljabar Teknik 3
2 TKN 211102 Fisika Dasar 3
3 TKN 211103 Gambar Teknik 2
4 TKN 211104 Kalkulus Teknik 3
5 TKN 211105 Kimia Dasar 1
6 TKN 211106 Literasi Ilmiah 2
7 TKN 211107 Pengantar Teknologi Nuklir 2
8 TKN 211108 Praktikum Kimia Dasar 1
9 TKN 211109 Probabilitas dan Statistika 3
Jumlah 22

Semester II

No Kode Mata Kuliah SKS
1 TKN 211201 Biologi Dasar 2
2 TKN 211202 Elektromagnetika 2
3 TKN 211203 Fisika Modern 3
4 TKN 211204 Metode Numerik 2
5 TKN 211205 Pemrograman Komputer 2
6 TKN 211206 Persamaan Diferensial Elementer 3
7 TKN 211207 Praktikum Fisika Dasar 1
8 TKN 211208 Praktikum Pemrograman Komputer 1
9 TKN 211209 Rangkaian Listrik 2
10 TKN 211210 Konsep Keteknikan untuk Peradaban 2
Jumlah 20

 

Semester III

No Kode Mata Kuliah SKS
1 TKN 212101 Deteksi dan Pengukuran Radiasi 3
2 TKN 212102 Dinamika Sistem 3
3 TKN 212103 Elektronika 3
4 TKN 212104 Fisika Inti 3
5 TKN 212105 Mekanika Fluida 3
6 TKN 212106 Persamaan Diferensial Parsial 3
7 TKN 212107 Termodinamika 3
Jumlah 21

 

 

Semester IV

No Kode Mata Kuliah SKS
1 TKN 212201 Elektronika Nuklir 2
2 TKN 212202 Fisika Akselerator 2
3 TKN 212203 Fisika Reaktor Nuklir 2
4 TKN 212204 Perpindahan Kalor dan Massa 3
5 TKN 212205 Praktikum Deteksi dan Pengukuran Radiasi 1
6 TKN 212206 Praktikum Elektronika 1
7 TKN 212207 Praktikum Sistem Pengukuran 1
8 TKN 212208 Sistem Pengukuran 2
9 TKN 212209 Teknik Kontrol 3
10 TKN 212210 Sistem Keamanan, Keselamatan, dan Seifgard Nuklir 2
Jumlah 20

 

 

Semester V

No Kode Mata Kuliah SKS
1 TKN 213101 Ilmu Bahan Teknik 2
2 TKN 213102 Komputasi Nuklir 2
3 TKN 213103 Praktikum Elektronika Nuklir 1
4 TKN 213104 Praktikum Fisika Reaktor Nuklir 1
5 TKN 213105 Proteksi Radiasi 2
6 TKN 213106 Radiokimia 2
7 TKN 213107 Teknik Proses 1
8 TKN 213108 Pancasila 2
9 TKN 21XXXX Pilihan 4
Jumlah 19

 

 

Semester VI

No Kode Mata Kuliah SKS
1 TKN 213201 Ekonomi Teknik 2
2 TKN 213202 Kerja Praktik / KP Klinis / Tugas Mandiri 2
3 TKN 213203 Metodologi Penelitian 2
4 TKN 213204 Pengelolaan dan Pengolahan Limbah Radioaktif 3
5 TKN 213205 Praktikum Radiokimia 1
6 TKN 213206 Kewarganegaraan 2
7 TKN 213207 Kuliah Kerja Nyata 3
8 TKN 21XXXX Pilihan 5
Jumlah 19

 

Semester VII

No Kode Mata Kuliah SKS
1 TKN 214101 / TKN 214102 Perancangan Sistem Nuklir / Perancangan Sistem Nuklir Medis 3
2 TKN 214103 Agama 2
3 TKN 21XXXX Pilihan 11
Jumlah 16

 

 

Semester VIII

No Kode Mata Kuliah SKS
1 TKN 214201 Tugas Akhir 4
2 TKN 214202 Penulisan Skripsi 2
Jumlah 6

 

 

Mata Kuliah dengan Penekanan Minat Teknologi Energi Nuklir

No Kode Mata Kuliah SKS
1 TKN 213131 Analisis Reaktor Nuklir 3
2 TKN 213132 Termal Hidraulika Reaktor Nuklir 3
3 TKN 213231 Pengelolaan dan Pengolahan Bahan Bakar Nuklir 3
4 TKN 213232 Mesin Fluida dan Alat Penukar Kalor 2
5 TKN 213233 Material Nuklir 2
6 TKN 213234 Kimia Radiasi 2
7 TKN 214131 Teknologi Pembangkit Daya Nuklir 2
8 TKN 214132 Instrumentasi Nuklir 3
Jumlah 20

 

 

Mata Kuliah dengan Penekanan Minat Fisika Medik

No Kode Mata Kuliah SKS
1 TKN 213141 Anatomi dan Fisiologi 3
2 TKN 213142 Teknologi Pencitraan Medis 3
3 TKN 213242 Radiobiologi 2
4 TKN 213243 Kedokteran Nuklir 2
5 TKN 213243 Teknik Radiodiagnostik 3
6 TKN 213244 Teknik Radioterapi 3
7 TKN 214141 Instrumentasi Medis 3
8 TKN 214142 Praktikum Radiodiagnostik dan Radioterapi 1
Jumlah 20

 

 

 

 

Mata Kuliah Pilihan Bebas

No Code Course SKS
1 TKN 214151 Kecerdasan Buatan 3
2 TKN 214152 Keselamatan Instalasi Nuklir 2
3 TKN 214153 Kewirausahaan Berbasis Teknologi 2
4 TKN 214154 Metode Monte Carlo 3
5 TKN 214155 Penerapan Mikroprosesor 2
6 TKN 214156 Perancangan Akselerator 3
7 TKN 214157 Sistem Basis Data 2
8 TKN 214158 Sistem Industri Nuklir 3
9 TKN 214159 Teknik Uji Tak Merusak (NDT) 2
10 TKN 214160 Teknologi Reaktor Fusi Nuklir 3
11 TKN 214251 Analisis Mengenai Dampak Lingkungan 2
12 TKN 214252 Analisis Radioaktivitas Lingkungan 2
13 TKN 214254 Dasar Perancangan Alat Proses 2
14 TKN 214255 Komputasi Multifisika Instalasi Nuklir 2
15 TKN 4702 Manajemen Bahan Bakar Nuklir dalam Teras Reaktor 2
16 TKN 214256 Penerapan Radioisotop 2
17 TKN 214257 Sistem Kogenerasi Nuklir 2
18 TKN 214258 Teknik Pemisahan Isotop 2
19 TKN 214259 Teknologi Pengendalian Reaktor Nuklir 2
20 TKN 214260 Teknologi Reaktor Maju 3
Jumlah 49