Tujuan Pendidikan

Tujuan penyelenggaraan pendidikan atau Program Educational Objectives (PEO) dari Program Studi Sarjana Teknik Fisika, Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada adalah menghasilkan sarjana, yang diharapkan memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. PEO-1: Lulusan akan tetap menekuni pembelajaran sepanjang-hayat dan pengembangan professional melalui studi-mandiri, pendidikan akademik atau profesi lanjut dalam bidang keteknikan, bisnis, atau kesehatan.
  2. PEO-2: Lulusan akan memanfaatkan dasar-dasar keilmuan dan keteknikan untuk meningkatkan kualitas kehidupan, melalui karir sukses dalam bidang teknik fisika atau bidang-bidang lainnya.
  3. PEO-3: Lulusan akan menjadi integrator dan inovator yang efektif, memimpin atau berperan-serta dalam usaha menyelesaikan beragam tantangan teknologi, sosial, ekonomi, lingkungan, dan kebencanaan.

 

Kompetensi Lulusan Teknik Fisika

Berdasarkan kriteria Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET), Program Studi Teknik Fisika masuk dalam kelompok general engineering yang menggambarkan keunikan  Program Studi Teknik Fisika yang spektrum keilmuan yang mencakup seluruh bagian dari Ilmu Fisika serta bagian-bagian dasar dari Ilmu Teknik. Berdasar pada acuan tersebut maka kompetensi lulusan Program Studi Sarjana Teknik Fisika yang menjadi target luaran atau Student Outcomes (SO) meliputi:

  1. Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan rekayasa.
  2. Kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen, serta menganalisis dan menafsirkan data.
  3. Kemampuan merancang suatu sistem, komponen, atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan dalam batasan-batasan realistik semisal ekonomi, lingkungan, sosial, politik, etik, kesehatan dan keselamatan, dan kelestarian.
  4. Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan persoalan rekayasa.
  5. Kemampuan untuk menggunakan teknik, keahlian, dan peralatan rekayasa baru yang diperlukan dalam kegiatan profesinya.
  6. Kemampuan berfungsi dalam kelompok multidisiplin.
  7. Pemahaman tanggungjawab profesi dan etik.
  8. Kemampuan berkomunikasi secara efektif.
  9. Berwawasan luas yang diperlukan memahami dampak penyelesaian kerekayasaan dalam konteks global, ekonomi, lingkungan dan masyarakat.
  10. Kesadaran dan kemampuan untuk menekuni pembelajaran sepanjang-hayat.
  11. Pengetahuan tentang isu-isu terkini.

 

Hubungan antara tujuan program pendidikan atau Program Education Objectives (PEO) dan luaran kompetensi lulusan atau Student Outcomes (SO) dapat dijelaskan dengan penjelasan berikut.

 

Program Educational Objectives Strategi/Kegiatan dalam program Student Outcomes
PEO-1: Lulusan akan tetap menekuni pembelajaran sepanjang-hayat dan pengembangan professional melalui studi-mandiri, pendidikan akademik atau profesi lanjut dalam bidang keteknikan, bisnis, atau kesehatan. Mengkomunikasikan (menyatukan persepsi) tentang pentingnya pembelajaran dan pengembangan pribadi secara mandiri. (7), (10)
PEO-2: Lulusan akan memanfaatkan dasar-dasar keilmuan dan keteknikan untuk meningkatkan kualitas kehidupan, melalui karir sukses dalam bidang teknik fisika atau bidang-bidang lainnya Menyediakan fondasi dalam bidang matematika, sains dan keteknikan dengan fokus pada kompentensi dari teknik fisika. (1), (2), (3), (4), (5)
PEO-3: Lulusan akan menjadi integrator dan inovator yang efektif, memimpin atau berperan-serta dalam usaha menyelesaikan beragam tantangan teknologi, sosial, ekonomi, lingkungan, dan kebencanaan. Memberikan pengalaman yang memupuk ketrampilan kolaboratif dan kepemimpinan. (6), (8)
Memberikan penekanan bagaimana teknik fisika mengimbas dunia di sekitar kita (9), (11)

 

 

Kesesuaian antara PEOs dan SOs dengan kualifikasi jenjang 6 (Sarjana) dalam PP No 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dapat dijelaskan dengan penjelasan berikut.

 

Uraian Kualifikasi Jenjang 6 KKNI (*) PEOs SOs
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. (1), (2) (1), (3), (9), (10), (11)
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural (2) (1), (2), (4), (5)
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok (3) (4), (6), (8), (9)
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi (3) (7), (10)

Keterangan: (*) sesuai acuan Permen Ristek dan Dikti No 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan PP No 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

 

Struktur Matakuliah

Jumlah satuan kredit semester (SKS) matakuliah yang harus ditempuh untuk menyelesaikan pendidikan pada Program Studi Sarjana Teknik Fisika adalah 144 sesuai dengan persyaratan jumlah minimum yang ditetapkan dalam Permen Ristek & Dikti nomor 44 tahun 2015, dengan komposisi:

  1. Matakuliah wajib sebanyak 124 SKS, dan
  2. Matakuliah pilihan sebanyak 20

Sebanyak 21 matakuliah dan 3 matapraktikum dengan keseluruhan 58 SKS (40,28%) dari keseluruhan 144 SKS merupakan matakuliah dengan isi dan bobot yang sama untuk kedua Program Studi Sarjana yang dikelola oleh Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada yaitu Program Studi Sarjana Teknik Fisika dan Program Studi Sarjana Teknik Nuklir. Matakuliah-matakuliah tersebut diberi kode khusus TNF dan bisa diikuti secara bersamaan oleh mahasiswa dari kedua program studi.

Kurikulum Program Studi Sarjana Teknik Fisika untuk tahun pertama (Semester I dan Semester II) berisi 16 SKS kelompok matematika dan 17 SKS kelompok sains dasar disertai dengan pengalaman eksperimental.

 

Tabel kelompok matakuliah Matematika

    Kurikulum 2016  
No  Kode Matakuliah SKS
1 TNF 1101 Aljabar Linier 3
2 TNF 1102 Kalkulus Elementer 3
3 TNF 1103 Probabilitas & Statistika 3
4 TNF 1104 Persamaan Differensial 3
5 TNF 1105 Kalkulus Vektor 2
6 TNF 2106 Metode Numerik 2
Jumlah 16

 

 

Tabel kelompok matakuliah Sains Dasar

    Kurikulum 2016  
No  Kode Matakuliah SKS
1 TNF 1201 Kimia Dasar 3
2 TNF 1202 Mekanika 3
3 TKF 1203 Optika 2
4 MSK 1204 Prakt Kimia Dasar 1
5 TNF 1205 Elektromagnetika 2
6 TKF 1206 Akustika 2
7 TKF 1207 Fisika Atom 3
8 MSF 1208 Prakt Fisika Dasar 1
Jumlah 17

 

Topik-topik teknik meliputi pengetahuan sains perekayasaan dan desain perekayasaan diberikan dalam tahun kedua dan ketiga. Kelompok matakuliah rekayasa dasar terdiri dari kelompok matakuliah tentang materi dan energi, kelompok matakuliah tentang listrik dan elektronika, dan kelompok matakuliah tentang sistem linear dan kontrol. Keseluruhan matakuliah yang termasuk dalam rekayasa dasar berjumlah 36 SKS.

Tabel kelompok matakuliah rekayasa dasar materi dan energi

Kurikulum 2016
No Kode Matakuliah SKS
1 TKF 2303 Fisika Material 3
2 TNF 2304 Perpindahan Panas & Massa 3
3 TNF 2305 Termodinamika 3
4 TNF 2306 Mekanika Fluida 3
5 TNF 3307 Teknik Proses 3
Jumlah 15

 

 

 

Tabel kelompok matakuliah rekayasa dasar listrik dan elektronika

Kurikulum 2016
No Kode Matakuliah SKS
1 TNF 1308 Rangkaian Listrik 2
2 TKF 2309 Elektronika 3
3 TKF 2310 Prakt Elektronika 1
4 TNF 2311 Sistem Digital 2
5 TKF 2317 Pengolahan Sinyal 2
6 TNF 3312 Prakt Sistem Digital 1
Jumlah 11

 

Tabel kelompok matakuliah tentang sistem linear dan kontrol

Kurikulum 2016
No Kode Matakuliah SKS
1 TNF 2313 Dinamika Sistem 3
2 TNF 2314 Kontrol Otomatis 3
3 TNF 2315 Sistem Pengukuran 3
4 TNF 2316 Prakt Sistem Pengukuran 1
Jumlah 10

 

Kelompok matakuliah rekayasa Teknik Fisika disusun dan diselaraskan dengan target luaran yaitu kemampuan lulusan yang berpeluang mengembangkan diri dalam karier di bidang energi berkelanjutan, instrumentasi dan pengkondisian bangunan berkelanjutan. Kelompok matakuliah tersebut ditunjukkan oleh Tabel berikut.

 

Tabel kelompok matakuliah rekayasa teknik fisika

Kurikulum 2016
No Kode Matakuliah SKS
1 TKF 3402 Biofisika 2
2 TKF 3401 Fisika Bangunan 3
3 TKF 3404 Teknologi Sensor 2
4 TKF 3405 Teknologi Aktuator 2
5 TKF 3406 Prakt Teknologi Sensor & Aktuator 1
6 TKF 3407 Konversi Energi 3
7 TKF 3408 Sistem Terintegrasi 2
8 TKF 3409 Komunikasi Data 2
9 TKF 3410 Prakt Komunikasi Data 1
10 TKF 3411 Keselamatan Sistem Berbasis Instrumentasi 2
11 TKF 4414 Perancangan Sistem Instrumentasi 3
Jumlah 23

 

Kelompok matakuliah rekayasa teknik fisika merupakan komponen yang mendukung penguatan sebagai ahli sistem instrumentasi (instrument engineer). Pengalaman eksperimental dalam bidang sains perekayasaan diberikan dalam beberapa matapraktikum yang ditunjukan pada Tabel berikut.

Tabel matapraktikum ketenikan dan komputasi

    Kurikulum 2016  
No  Kode Matakuliah SKS
1 TNF 2013 Prakt Pemrograman Komputer 1
2 TKF 2310 Prakt Elektronika 1
3 TNF 2316 Prakt Sistem Pengukuran 1
4 TKF 3312 Prakt Sistem Digital 1
5 TKF 3406 Prakt Teknologi Sensor & Aktuator 1
6 TKF 3411 Prakt Komunikasi Data 1
Jumlah 6

 

Pengetahuan umum yang merupakan penunjang profesi insinyur diberikan tersebar dalam beberapa semester.

Tabel matakuliah pendidikan umum

    Kurikulum 2016  
No  Kode Matakuliah SKS
1 UNU 10XX Pendidikan Agama 2
2 UNU 20XX Pendidikan Pancasila 2
3 UNU 30XX Pendidikan Kewarganegaraan 2
4 TKF 4014 Kewirausahaan Berbasis Teknologi 2
Jumlah 8

 

Pengalaman desain perekayasaan sistem teknologi instrumentasi ditargetkan dapat dicapai dalam tugas Kerja Praktek dan Tugas Akhir (Skripsi).

Topik-topik untuk pendalaman keahlian disajikan dalam matakuliah pilihan bebas yang dapat dikelompokan sesuai dengan arah pengembangan program studi yaitu (1) kelompok matakuliah sistem instrumentasi, (2) kelompok matakuliah sistem pengkondisian ruang dan lingkungan bangunan, dan (3) kelompok matakuliah sistem energi berkelanjutan, serta (4) kelompok matakuliah penguatan lainnya. Matakuliah pilihan dimungkinkan juga diambil dari matakuliah yang disediakan pada Program Studi S1 Teknik Nuklir yang memiliki kode matakuliah selain TNF sebanyak 97 SKS yang terdiri dari sejumlah 27 SKS dengan kode TKN 24XX dan TKN 34XX serta sejumlah 70 SKS dengan kode TKN 4XXX. Sesuai dengan terminologi “Pilihan Bebas”, maka mahasiswa diberikan kebebasan penuh untuk mengkombinasikan pilihan tersebut secara bebas (tidak harus penuh dalam suatu kelompok matakuliah pilihan tertentu).

 

Matakuliah Pilihan Bebas

 

Kelompok Matakuliah Pilihan Penguatan Sistem Instrumentasi

No Kode Matakuliah SKS
1 TKF 4501 Instrumentasi Industri 2
2 TKF 4502 Otomasi Proses 2
3 TKF 4503 Otomasi Bangunan 2
4 TKF 4504 Penerapan Mikroprosesor 2
5 TKF 4505 Penerapan Kontrol Logika Terprogram 2
6 TKF 4506 Sistem Waktu Nyata 2
7 TKF 4507 Instrumentasi Sistem Audio 2
8 TKF 4508 Instrumentasi Sistem Visual 2
9 TKF 4509 Instrumentasi Sistem Robotika 2
Jumlah 18

 

Kelompok Matakuliah Pilihan Penguatan Sistem Energi Berkelanjutan

No Kode Matakuliah SKS
1 TKF 4601 Teknologi Energi Air 2
2 TKF 4602 Teknologi Energi Bayu 2
3 TKF 4603 Teknologi Energi Biomassa 2
4 TKF 4604 Teknologi Energi Panas Bumi 2
5 TKF 4605 Teknologi Fotovoltaik 2
6 TKF 4606 Teknologi Termal Surya 2
7 TKF 4607 Teknologi Energi Laut 2
8 TKF 4608 Konservasi Energi 2
Jumlah 16

 

 

 

 

Kelompok Matakuliah Pilihan Penguatan Sistem Pengkondisian Ruang & Lingkungan Bangunan

No Kode Matakuliah SKS
1 TKF 4701 Rekayasa Fisika Lingkungan 2
2 TKF 4702 Rekayasa Pengkondisian Udara 2
3 TKF 4703 Rekayasa Sistem Termal 2
4 TKF 4704 Rekayasa Pencahayaan 2
5 TKF 4705 Rekayasa Akustik Ruangan 2
6 TKF 4706 Rekayasa Sistem Hunian Berkelanjutan 2
Jumlah 12

 

Kelompok Matakuliah Pilihan Penguatan Lainnya

No Kode Matakuliah SKS
1 TKF 4801 Rekayasa Semikonduktor 2
2 TKF 4802 Nanoteknologi 2
3 TKF 4803 Manajemen & Teknik Lingkungan 2
4 TKF 4804 Teknik Kehandalan 2
5 TKF 4805 Komputasi Dinamika Fluida 2
6 TKF 4806 Jaminan Kualitas 2
7 TKF 4807 Mekanika Struktur 2
Jumlah 14