Judul: Sistem Penyediaan Air Bersih dengan Memanfaatkan Energi Terbarukan

Keadaan suplai air bersih di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul sebagaimana telah jamak diketahui oleh masyarakat selalu mengalami kelangkaan secara periodis pada musim kering. Pada kesempatan awal melakukan survey lokasi dan penentuan potensi daerah sumber daya alam, maka sangat diperlukan koordinasi dengan fihak PEMDA Gunung Kidul maupun Pemerintah Kecamatan Tepus serta dengan pihak PU DIY. Kegiatan awal ini untuk memastikan bahwa lokasi yang dipilih nantinya merupakan prioritas pembangunan bagi daerah yang bersangkutan. Setelah dicapai kesepakatan yakni lokasi pilihan adalah Dusun Sureng, maka segera diproses kontak person untuk dilakukan kegiatan selanjutnya yakni penyiapan sumber daya yang potensial untuk nantinya bertindak sebagai agen pembangunan. Bersama dengan pihak Pemda Gunung Kidul dan Kecamatan Tepus maka disepakati 10 orang agen yakni 5 dari PEMDA dan 5 dari lokasi/daerah tujuan yang akan dibangun sistem. Kegiatan survey lapangan dilaksanakan untuk memastikan situasi dan kondisi lapangan dengan cara melakukan pengukuran dan pendataan penduduk dan keadaan demografi. Setelah mendapatkan data lapangan awal, maka kegiatan selanjutnya adalah kegiatan untuk menghasilkan Detailed Engineering Design (DED) sistem suplai air bersih kombinasi antara rencana pemda dan rencana dari Jurusan Teknik Fisika UGM.

Dana:

 Tahun Dana
2011 Rp. 285.500.000
2012  Rp. 95.500.000
2013  Rp. 94.286.765

Pelaksanaan:

Kegiatan yang telah dilakukan antara lain:

  1. Diskusi serta koordinasi dengan PEMDA Gunung Kidul mengenai sasaran lokasi dan masyarakat yang tercakup dalam program.
  2. Survey lapangan pada lokasi yang memiliki potensi sumber daya air dan kondisi geografis.
  3. Perbaikan sistem penyediaan air bersih
  4. Pelatihan kemampuan teknis staf dan masyarakat pengguna air

PresentasidiBAPPEDAGunungKidul SurveiTimTeknikFisikadiLokasi1 SurveiTimTeknikFisikadiLokasi2  DenahSistemSPAMdiDusunSureng PesertaWorkshop1 DiskusiDiLokasiPompa