Entrepreneurship Days atau disingkat dengan E-Days merupakan event tahunan tentang kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Bidang Kewirausahaan Keluarga Mahasiswa Teknik Nuklir dan Teknik Fisika. Konsep E-Days kali ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. E-Days 2022 menyajikan 2 sesi acara, yakni webinar dan Virtual Exhibition.
Virtual Exhibition dalam E-Days 2022
Virtual Exhibition merupakan ruang virtual yang didesain menyerupai pameran dimana berisi produk-produk wirausaha mahasiswa UGM dalam bentuk poster digital dan video promosi. Acara ini berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Maret 2022. Virtual Exhibition ini dibuat untuk mempromosikan wirausaha mahasiswa serta sebagai bentuk pemanfaatan teknologi layaknya metaverse yang tengah booming saat ini. Desain ini dibuat sedemikian rupa layaknya pameran sungguhan dengan adanya stand-stand yang berisikan produk wirausaha, registrasi pengunjung, food court, dsb. Penggunaan teknologi ini bukannya tanpa alasan, mengingat banyaknya usaha-usaha yang tidak tumbuh akibat kurangnya pemanfaatan teknologi secara optimal pada masa pandemi. Adanya Virtual Exhibition ini diharap mampu membangkitkan serta menumbuhkan wirausaha-wirausaha UGM.
E-Days juga menyelenggarakan webinar dengan tema “Optimalisasi Diri dengan Berwirausaha Dikala Pandemi”. Acara ini berlangsung pada tanggal 13 Maret 2022. Pada sesi pembicara pertama, dilakukan sesi sharing oleh Meta Fisika Hapsari, S.T. Beliau merupakan alumni Teknik Fisika 2005 yang berkarir dalam bidang wirausaha sebagai Managing Director dari PT Metateknika Kreasi Jaya. Beliau menyampaikan materi How to Start Your Business. Menurutnya, cara untuk memulai bisnis dikala pandemi adalah dengan berpikir kreatif dan inovatif, branding, memanfaatkan teknologi, percaya proses, relasi dan kerjasama, evaluasi, hargai proses dengan setiap keberhasilan, sugesti berhasil, be a nice person, dan berdoa.
Dokumentasi pelaksanaan E-Days 2022
Pada sesi pembicara kedua, diisi oleh Dyo Fathu Rahman, S.M selaku Chief Marketing Officer dari Harisenin.com. Beliau menjelaskan cara mempertahankan bisnis dengan digital marketing. Beliau memaparkan beberapa aspek berkembangnya bisnis pada digital marketing adalah dengan pemanfaatan social media marketing, digital ads, Email marketing, website marketing, leads acquisition, dll. Menurutnya, strategi dalam digital marketing yang paling utama adalah understand your market first. Tidak hanya target pasar eksternal (audience, customer, potential buyer, dll) tetapi juga internal market (employee, system company structure, dll).
Ketua pelaksana Entrepreneurship Days 2022, Taufiq Abdillah, berharap dengan diadakannya acara ini dapat meningkatkan dan menumbuhkan wirausaha mahasiswa walaupun tengah menghadapi situasi pandemi. Harapannya mahasiswa tidak hanya paham ilmu tentang berwirausaha saja, melainkan dapat menerapkannya juga.
[views]